Header Ads

Tetralogi Laskar Pelangi Novel Ajaib Karya Andrea Hirata


Hai gan, kembali lagi di Indonesia punya, kali ini kita akan membahas suatu coretan tangan paling indah dan harus kita semua ketahui, yaitu 4 novel tetralogi laskar pelangi karya andrea hirata.
Nama andrea hirata pasti tidak lagi terdengar asing bagi para pencinta novel, ia  adalah seorang penulis novel yang berasal dari belitong. Andrea lulus dari universitas Indonesia untuk tingkat sarjana dan menamatkan pendidikan magisternya di Sheffield hallam university , UK, dengan beasiswa. Dia juga mendapat beasiswa di studi sasra di university of lowa, USA. Cerpen pertamanya “Dry Season” dimuat di majalah satra tenama, Washington square review, new York university. 
Tetralogi laskar pelangi merupakan novel pertama yang ditulis oleh andrea hirata, tetralogi lascar pelangi tebagi dalam 4 judul yaitu laskar pelangi, sang pemimpi, Edensor dan maryama karpof. Tetralogi laskar pelangi mulai di terbitkan pada sebtember 2005 dan terus menjadi best seller hingga sekarang tahun 2016, tetralogi laskar pelangi juga telah diterjemahkan ke 34 bahasa asing oleh penerbit termukaka di lebih dari 120 negara.
3 dari 4 judul tetralogi laskar pelangi telah diadaptasiak menjadi film, kemudian laskar pelangi edisi jerman die regenbogentruppe mendapat penghargaan BuchAward 2013 di jerman, sedangkan laskar pelangi edisi amerika(the rainbow troops) menjadi pemenang pertama kategori general fiction di new york boom festival 2013 dan juga telah diadaptasikan ke dalam bentuk koreografi oleh citydance company, Washington, D.C.
Untuk lebih tahu mengenai tetralogi laskar pelangi, Jadi langsung aja kita bahas satu persatu:

1.      Tetralogi Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

            Laskar pelangi adalah novel pertama andrea hirata, yang menceritakan kisah 10 anak dari keluarga miskin yan bersekolah di SD dan SMP di sekolah muhammadiah yang penuh dengan keterbatasan. Novel ini dirilis pada September 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka, Penyunting suhindrati a shinta, Perencana dan ilustrasi sampul andrea kusumahadi.

2.      Sang Pemimpi
sang-pemimpin.jpg (612×1008)
            Sang pemimpi merupakan novel kedua yang ditulis andrea hirata, dan  dirilis pada juli 2006, dengan penerbit bentang pustaka. novel ini menceritan kisih hidup andrea hirata pada masa SMA, bekerja demi bertahan hidup dan juga hakikat kekuatan mimpi mereka yang dapat membawa 2 anak Belitung bersekolah di paris.
  
3.      Edensor
              Edensor merupakan novel ketiga yang ditulis oleh andrea hirata, yang dirilis pada mei 2007, oleh bentang pustaka, dengan penyunting Imam risdianto. Edensor adalah novel yang menceritakan kisah andrea hirata dan saudaranya ikal pada saat mereka mendapatkan beasiswa uni eropa di sorbone francis, dan cerita mereka mengarungi benua eropa.

4.      Maryama karpof
           Maryama karpof merupakan novel terakhir dari tetralogi laskar pelangi yang ditulis oleh andrea hirata, dirillis pada November 2008 oleh bentang pustaka. Maryama karpof menceritakan tentang mimpi mimpi lintang, juga kisah hidup arai dan pencarian cinta pertamanya Aling, yang semuanya itu menjadi pertanyaan yang belum terjawab pada 3 novel sebelumnya.

Jadi itulah dia 4 novel tetralogi laskar pelangi yang ditulis oleh andrea hirata yang sangat fenomenal dan infirativ dan juga pastinya telah sangat membanggakan Indonesia di kanca dunia.  Dengan mengetahui semua ini, masih patutkah kita tidak berbangga menjadi rakyat Indonesia, ayo bangga jadi rakyat Indonesia dan ayo baggakan Indonesia dengan karyamu. 

Posting by saidil(admin3)

No comments

Powered by Blogger.